Jogja Antique

Monday, March 29, 2010

Tentang Sebuah Nama

Apalah arti sebuah nama, itulah kata pepatah yang tak usang oleh Jaman. Seiring dengan waktu, perkembangan ilmu pemasaran mewajibkan sebuah produk lengkap dengan atribut dan branding nya. Maka Nama menjadi begitu penting. Selain sebagai identitas diri dan pembeda dari produk lain, nama juga harus mewakili segala atribut produk tersebut agar laku di pasaran.

Begitupula tentang nama sebuah program oraganisasi. Sebisa mungkin harus mewakili tujuan dan content dari program tersebut. Pernah suatu ketika saya mengikuti sebuah workshoh. Temanya : "dari limbah menjadi rupiah". Dalam pikiranku pastilah akan ada beberapa materi tentang sampah atau limbah baik kertas, kompos maupun yang lain yang bisa diolah lagi untuk dijual. Bagiku sebenarnya bukan masalah rupiahnya, namun pengetahuan dan skill pengolahannya itu yang ku inginkan.

Namun ketika workshop dilaksanakan, ternyata hanya ada 1 materi, yaitu mengubah sampah kertas menjadi berbagai macam mainan. tentu saja aku kecewa, karena klo yang itu aku sudah beberapa kali ikut dalam acara yang hampir sama, dan peserta lain juga banyak yang kecewa. Bahkan ada yang langsung pulang.

Aku banyak belajar dari peristiwa itu, baik dalam membuat maupun menamai sebuah program kegiatan. Agar tidak kecewa dan mengecewakan. Semoga ada manfaatnya dan tetap semangat!!

BERITA KOMPAS