Jogja Antique

Monday, March 29, 2010

Berawal dari Kesepahaman untuk mencapai tujuan oraganisasi

Mengurus organisasi bukan sesuatu hal yang mudah, selain kemauan banyak hal yang harus dipersyaratkan untuk mengemban tugas. Diantara adalah kemampuan komunikasi, kemampuan melakukan pendekatan - pendekatan baik ke atas maupun ke bawah, kemampuan membaca situasi, kemauan untuk melakukan pelayanan dengan cepat, tepat dan akurat, kemampuan memimpin, kemampuan membangun kerjasama dan juga kemampuan membuat citra diri.

Mungkin masih banyak lagi persyaratan-persyaratan itu, namun minimal hal tersebut diatas sudah cukup baik. Dan hal terpenting yang harus dilakukan sebuah organisasi sebelum bergerak membuat dan melaksanakan program-programnya adalah kesatuan persepsi atau pemahaman terhadap tujuan, cara dan pembagian tugas serta wewenang dalam organisasi tersebut. Pemahaman inilah yang kadang sangat sulit dilakukan sehingga organisasi mandeg/stagnan atau justru kebalikannya, organisasi berjalan secara liar dan tidak terkendali.
Hal kesepahaman ini sering diabaikan sehingga ketika ada persoalan dan diperlukan cara untuk mengatasi timbulah konflik yang berkepanjangan dan kadang menimbulkan perpecahan. Usulan cara dan teknik serta strategi dalam menyelesaikan sesuatu memang harus dilakukan terbuka dan semakin banyak cara yang di usulkan akan semakin banyak pilihan untuk diambil keputusan. Permasalahan berikutnya adalah biasanya masing-masing pengusul ingin menggunakan caranya sendiri dan tidak mau mendengarkan penjelasan dengan cara orang lain, dan yang paling mengerikan adalah apabila timbul pembangkangan ketika usulannya tidak disetujui dalam proses pengambilan keputusan oraganisasi.

Logikanya klo ada kesepahaman, maka ketika proses usulan , dan pengambilan keputusan sudah dilakukan dengan cara yang disepakati, maka hasil keputusan harus di jalankan bersama-sama dan dikawal bersama - sama untuk dilaksanakan.

Semoga ada manfaatnya dan MERDEKA!

BERITA KOMPAS