Jogja Antique

Monday, March 1, 2010

Tips Fb : Chat di Facebook




Facebook selain menyediakan berbagai fasilitas pertemanan, juga bisa digunakan untuk chating atau ngobrol dengan sesama teman yang sedang online. Bila kita sedang login di akun acebook kita, maka status teman-teman kita akan bisa diketahui sedang online atau tidak. Bila statusnya online, kita bisa mengajaknya untuk chating atau ngobrol. Dan inilah salah satu kelebihan facebook dibanding jejaring sosial yang lain.

Namun demikian, akhir-akhir ini banyak berita yang memberi dampak negatif pada situs jejaring sosial, misalnya kasus hilangnya seorang siswa yang ternyata dibawa kencan teman fbnya, atau juga kasus penghinaan pada orang lain di jejaring sosial yang lain. sedikit banyak, hal ini menjadi perhatian publik, sehingga para orang tua maupun guru, lebih hati-hati mengawasi anak-anaknya.

untuk mencegah kejadian-kejadian negatif, berikut tips chat di facebook :
1. Usahakan chat dengan teman yang kamu kenal.
2. Bila di ajak chat oleh teman yang anda tidak kenal, coba lihat dulu profilnya, dan pantau aktiitas di wallnya. Gunakan untuk referensi, apakah anda merasa nyaman dan aman untuk chat dengan teman tersebut atau tidak. klo iya, gunakan hobi atau aktiitas di profil teman anda tersebut sebagai bahan pembicaraan untuk mengenali apakah bener-bener profil tersebut asli atau hanya bohong.
3. Jangan melakukan janjian atau kopdar dengan teman fb yang tidak kenal, andaikan terpaksa, gunakan tempat-tempat umum yang ramai untuk bertemu, dan ajak teman atau saudara anda untuk berjaga-jaga kemungkinan yang kurang baik.
4. Selalu berhati-hatilah terhadap teman yang mengajak sesuatu program bisnis atau apa saja yang sekiranya anda tidak mengenal program itu atau mengenal tapi belum mengetahui karakter teman yang mengajak anda.
Semoga ada manfaatnya, dan selamat berchating dengan teman anda.

BERITA KOMPAS