Jogja Antique

Friday, February 19, 2010

Tentang Tumbuh Kembang Anak




Sudah selayaknya kalo para orang tua memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Pertumbuhan biasanya diwujudkan dalam indikator berat dan tinggi badan, sedangkan perkembangan diidentikan dengan pertanyaan, " Anakmu sudah bisa apa? dah tumbuh gigi belum, dah merayap belum? dah merangkak belum? dah bisa jalan? dah bisa lari? dst"

Sehingga tumbuh kembang ini identik dengan ibu-ibu, setiap bertemu atau berkumpul akan menanyakan hal-hal seperti paragraf diatas, mungkin kalo para pria akan sangat jarang menanyakan hal demikian, walaupun juga ada. Para Pria akan cenderung memberikan analisis dan kesimpulan. Misalnya umur sekian, tinggi dan beratnya sekian, maka akan langsung bertanya, " anakmu bongsor ya? atau kok anakmu kurus, gak mau makan?

Atau yang berhubungan dengan kebisaan atau perkembangan, misalnya akan manganalisis, umurnya segini, kok belum bisa nendang bola, berarti geraknya lambat, atau baru umur segini kok dah bisa ngomong, berarti berbicaranya cepat, dan seterusnya.

Apapun pertanyaannya, apapun jawabannya dan apapun kesimpulannya, tidak dipungkuri bahwa seorang ibu atau ayah akan selalu memperhatikan tumbuh kembang anaknya, kalo tidak berarti kurang perhatian dan Bisa Mendapatkan Kartu Kuning alias peringatan dari pasangannya.

Semoga ada manfaatnya
salam

BERITA KOMPAS