Jogja Antique

Thursday, February 11, 2010

Gizi Tepat, Jantung Tetap Sehat




Penyakit jantung juga tak lepas dari faktor asupan gizi yang dikonsumsi. Dan seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut empat kunci utama untuk mencegah penyakit jantung.

1. Lemak
Upayakan keseimbangan yang sehat antara lemak tidak jenuh ganda (polyumsaturated fat0 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan lemak jenuh (saturatd fat) yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Ikan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan paling sedikit dua kali seminggu dapat mengurangi kematian akibat penyakit jantung.

3. Whole grain, sereal, kacang-kacangan, sayuran., dan buah yang mengandung lemak rendah dan komponen yang menyehatkan jantung yaitu:
- Kandungan serat dapat menurunkan kolesterol darah. Kolesterol darah yang tinggi akan meningkatkan risiko perkembangan penyakit jantung.
- Asam folat yang ada dalam sayuran, buah, kacang-kacangan, dan whole grain dapat mengurangi kadar asam amino dalam darah yaitu homocysteine. Kadar homocysteine yang tinggi dalam darah ada kaitannya dengna peningkatan risiko penyakit jantung.
- Anti oksidan dalam sayuran dan buah serta whole grain berperan mencegah perkembangan penaykit jantung.
- Sterol tumbuhan yang terdapat dalam makanan tumbuhan, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Garam
Membatasi asupan garam akan membantu menurunkan tekanan hipertensi.
sumber : http://id.inaheart.or.id/?p=87


BERITA KOMPAS