Jogja Antique

Monday, February 15, 2010

Kaka Mulai Belajar Aktif




Kaka umurnya sekarang 19 bulan, sejak berumur 14 bulan suka meminta melihat laptop ( baca nonton video kartun anak-anak di laptop). Kadang bangun tidur atau sore menjelang tidur minta lihat laptop. Dan klo dia sudah bilang lihat laptop, gak bisa dialihkan perhatiannya untuk melakukan sesuatu yang lain, dia akan merengek dan menangis sampai permintaannya di turuti.

Dia hanya bisa mengerti, klo papanya kerja, dan kakungnya bilang klo laptop dibawa papa kerja. Hanya jawaban itu yang bisa menahan kehendaknya untuk lihat laptop. Di umur 14 bulan, dia belum bisa ngomong permintaan dengan jelas, jadi biasanya di depan laptop klo cocok yang ditampilkan dia diam, klo dah gak cocok atau bosan dia akan merengek. Dan susahnya, kita harus mencoba untuk menawarkan video atau lagu apa yang kira-kira kaka mau.

Pada awalnya dia hanya menonton video lagu, kemudian untuk meminta pindah lagu atau ganti video, tangan dia pegang tangan papanya terus ditaruh di mouse, lama kelamaan dia bilang "ganti... ganti" klo dia menginginkan ganti lagu atau video. Lama-lama dia hapal, tiap duduk di depan laptop, dia akan minta deo kaka deo kaka ( baca video kaka), dia minta nonton video dia sendiri waktu kecil.

3 bulan kemudian dia minta lagu-lagu anak yang ada klipnya, kemudian dia ikut nyanyi dan menirukan gerakan klipnya. Lucu sekali dan sangat menghibur. Saat itu dia sudah mulai aktif, dia akan menghentikan klip/lagu dengan memencet tombol spasi, kemudian dia pencet2 lagi tombol yang lain. bersambung dia pegang mouse dan menggerakgerakkan disertai melakukan klik klik. Namanya juga anak umur 16 bulan, tentu saja ngawur dan ngacau. tapi sengaja kubiarkan sambil diarahkan.

2 minggu terakhir, dia sudah paham menyalakan laptop sendiri, jadi dia ketika di depan laptop yang masih belum nyala, langsung akan mencet tombol power, padahal tidak ada yang ngajari, dia melihat perilaku papanya ketika menyalakan laptop.

Dan sudah 2 hari ini, dia gak mau nonton video atau klip lagu anak-anak lagi, dia minta ngetik di keyboard. Akhirnya ku buka program ms word, lalu ku zoom 500%, kusetting hurufnya besar dan diberi warna merah. Tiap dia mencet keyboard dia akan melihat respon dilayar ada tulisan huruf-huruf. Luar biasa, dan dia tiap kali mencet akan bilang seperti mengeja... Be U = Bi, Em I = Mu dst... walaupun antara yang dia ketik dan tulisannya tidak berbunyi sama, namun bagiku sudah cukup luar biasa untuk anak usia 19 tahun. Sudah mulai belajar aktif, tidak mau sekedar menunggu dan menonton lagi....

SELAMAT BELAJAR KAKA......

BERITA KOMPAS