Jogja Antique

Saturday, February 13, 2010

Orang Indonesia Paling Gemar Merayakan Valentine?






Perayaan Valentine setiap tanggal 14 februari selalu menyisakan sebuah kontroversi, ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Yang setuju mungkin menganggap perayaan hari kasih sayang sebagai hari yang harus untuk diperingati, terlepas dari latar belakang sejarah perayaannya seperti apa, disisi lain hari valentine mungkin dianggap sebagai sesuatu yang tidak layak untuk diperingati menengok sejarah dan latar belakangnya yang notabene identik dengan budaya barat dengan segala kebebasannya.

Disini tidak akan membahas setuju atau tidak setuju, namun hanya ingin mengungkap fakta indikator di dunia maya tentang kata "Valentine". Ternyata berdasarkan data analisis di google trend, Orang yang menggunakan kata kunci "Valentine" dalam pencariannya di internet paling banyak adalah orang indonesia, disusul Vietnam, philipina, dan thailand, sementara dunia barat yang diwakili oleh Amerika hanya menduduki posisi 5, kanada posisi 7 dan inggris posisi 8. Sungguh fakta yang diluar perkiraan mengingat valentine bukan budaya indonesia asli.

Sedangkan orang indonesia yang paling banyak melakukan pencarian dengan menggunakan kata "valentine" adalah orang bali, disusul Jawa tengah, dan Jawa Timur. Data ini boleh saja tidak akurat dan perlu dikritisi, namun sebagai indikator awal masih layak dipertimbangkan bila kita ingin membahas lebih dalam tentang budaya "Valentine"
semoga ada manfaatnya.

salam

BERITA KOMPAS