Jogja Antique

Thursday, February 11, 2010

Pencetus Sakit Kepala




Sakit kepala merupakan suatu gejala yang dapat dicetuskan oleh beberapa keadaan/ zat, sebagai berikut :

Ketegangan

Dalam banyak hal, sakit kepala karena ketegangan mirip dengan migrain. Ketegangan saraf yang berlangsung lama dapat menimbulkan kontraksi otot di bagian belakang leher. Kontraksi ini akan menarik jaringan-jaringan pada permukaan tengkorak hingga sangat kencang, sehingga nyeri terasa di dibelakang leher, di atas, dan di depan kepala. Nyerinya bersifat menetap, dan biasanya tidak ada perasaan mual, muntah, atau gangguan penglihatan seperti berkunang-kunang. Perawatannya sama seperti pada migrain. Yang paling pokok adalah menghindari tekanan emosi dan berusaha untuk beristirahat dengan cukup.

Minuman keras

Minuman keras dapat memicu terjadinya sakit ke­pala karena memengaruhi jaringan-jaringan dan Iangsung mengganggu selaput otak. Minuman keras juga dapat melebarkan pembuluh darah otak sehingga menyebahkan nyeri kepala yang mirip dengan migrain. Perawatannya adalah menghindari minum minuman keras dan istirahat yang cukup.

Sembelit

Sembelit yang lama menyebabkan racun yang ada dalam usus besar diserap masuk ke dalam darah, hingga timbul sakit kepala. Perawatannya adalah mengatasi keadaan sembelit, yaitu dengan banyak minum air putih dan banyak makan makanan berat (sayur dan buah). Mungkin dapat pula diberika­n obat pencahar seperti lactulose atau bisacodyl

sumber: http://www.jantungku.com/

BERITA KOMPAS