Jogja Antique

Sunday, November 21, 2010

Wisata Minat Khusus Pantai dan Tebing Siung

Kalasan Climbing Tour

Sejak Penyelenggaraan Asian Climbing Gathering di Tebing Siung Yogyakarta pada tahun 2005, Pantai siung mulai dikenal luas sebagai daerah tujuan wisata minat khusus yaitu panjat tebing. Even yang digelar oleh Baparda DIY bekerja sama dengan FPTI dan Pengda Gunung Kidul itu kini terus berlanjut menjadi even tahunan, namun dalam skala yang lebih kecil yaitu Indonesia Climbing Gathering.

Tak salah bila pantai siung dijadikan kawasan wisata minat khusus karena tebing-tebingnya menyediakan banyak jalur pemanjatan mulai dari jalur dengan grade yang mudah yang sering disebut dengan jalur fun climbing, jalur dengan grade menengah sampai sulit yang sering di sebut sebagai jalur sport climbing, sampai jalur yang mempunytai grade sangat sulit yang sering disebut sebagai jalur ekstrem climbing. Di klaim bahwa dari tebing-tebing di pantai siung tersebut dapat dibuat kurang lebih 250 jalur pemanjatan.

Diantara kita pasti ada yang suka dengan petualangan atau semacamnya. Mungkin dalam bahasa yang lebih sederhana suka tantangan, baik dalam skala kecil maupun besar. Tebing siung dapat dijadikan alternatif tujuan wisata minat khusus, mulai dari treking, climbing hingga melihat sun rise. Pengambilan gambar di tebing yang eksotis menghadapke laut juga bisa kita lakukan dengan panduan dari tim teknis di bidang panjat tebing.

Untuk itu bila tertarik untuk mengunjungi pantai dan tebing siung, dan belum punya teman dipersilahkan menghubungi teman-teman yang sudah biasa ke sana yang tergabung dalam kalasan climbing tour. Info selengkapnya silahkan kunjungi http://tebingsiung.blogspot.com

Demikian, semoga bermanfaat dan Salam Olahraga!

BERITA KOMPAS