Jogja Antique

Saturday, November 6, 2010

Merapiku Apa Arti Suara Gemuruhmu

Berita tentang suara gemuruh dari puncak merapi sebelum mengeluarkan material vulkanik dan wedhus gembel bukanlah mitos atau klenik tapi sesuatu yang logis. Namun disini aku tidak ingin membahas secara keilmu namun berdasarkan pengamatan awam saja.

Dulu setiap hari mengeluarkan suara gemuruh yang dapat di dengar dari puncak Turgo maupun hulu kali boyong. Namun akhir-akhir ini selepas meletus tahun 2006, suara itu tidak begitu terdengar. lelehan lava panas juga tidak tampak dari puncak ke lereng yang biasanya merupakan tontonan menarik bagi wisatawan asing maupun lokal dari pos pengamatan maupun dari jalur-jalur treking merapi.

Lalu artinya apa? bagiku artinya sederhana saja.Klo lelehan lava itu terhenti dan tidak keluar setiap hari dari kepundan merapi, artinya material itu tertahan di dalam. Artinya merapi baru menyiapkan energi besar yang sewaktu waktu siap dimuntahkan. Dan memang benar adanya....Awan Panas yang biasanya hanya etungan menit ( 7 menit dan sewaktu membumi hanguskan desa kinahrejo dan mbah marijan hanya 33 menit), jumat dini hari itu aktifitas wedhus gembel mencapai 3 jam tanpa henti. Luar Biasa energi yang dilepaskan dan luar biasa pula akibatnya....

BERITA KOMPAS