Jogja Antique

Thursday, November 11, 2010

Update Posko Dari Tim IKASTARA Peduli Merapi

A. Posko Pengungsian Progowati

Berdasarkan data pada hari Selasa, 09 Nopember 2010, titik pengungsian di desa Progowati menjadi 5 titik (semula 3 titik). Jumlah total pengungsi di 5 titik tersebut adalah 598 jiwa, jumlahnya bertambah dari hari sebelumnya yang berkisar 267 jiwa. Dengan rincian sebagai berikut :

1. Balita : 33 jiwa
2. Lansia : 35 jiwa
3. Usia TK : 33 jiwa
4. Usia SD : 57 jiwa
5. Usia SMP : 19 jiwa
6. Usia SMA : 12 jiwa
7. Ibu Hamil : 5 jiwa
8. Sisanya usia kerja/produktif

Kebutuhan :
1. Untuk kebutuhan tangki air yang pada hari sebelumnya sangat dibutuhkan oleh pengungsi di posko balai desa Progowati, hari ini telah terpenuhi. Sehingga rencana semula dimana kita akan membelikan tangki air untuk posko tersebut, dialihkan untuk posko – posko lainnya.
2. Makanan bayi yang kemarin disupply, sudah mencukupi namun sangat terbatas jumlahnya. Dalam arti, secara kualitas sudah terpenuhi, namun secara kuantitas masih belum tercukupi.
3. Genset untuk listrik tidak ada.
4. MCK untuk pengungsi di balai desa, hanya ada dua dan sisanya di masjid setempat.
5. Bantuan logistik lain, seperti telur dan juga bahan bakar gas pun masih mereka butuhkan untuk dapur umum

Yang ditekankan oleh perangkat desa (Pak Carik) dalam kunjungan kali ini adalah 70% dari 4.141 warga Progowati adalah petani dan saat ini mereka mengalami gagal panen akibat rusaknya saluran irigasi persawahan mereka. Tanggul irigasi mereka jebol, dan tanaman padi siap panen mereka terendam lumpur. Penduduk setempat terancam tidak mempunyai penghasilan untuk 6 bulan ke depan. Oleh karena itu, yang membutuhkan bantuan sebenarnya bukan hanya pengungsi, tapi juga penduduk Progowati, terutama kebutuhan pangan untuk konsumsi sehari – hari.

B. Posko pengungsian Salaman

Terdapat 4 titik pengungsian di wilayah salaman :
1. Lapangan tembak Akmil, Plempungan : 4500 pengungsi
2. Balai desa salaman : 260 pengungsi
3. Kantor kecamatan : 293 pengungsi
4. SKB : 150 pengungsi

Stok makanan untuk pengungsi salaman sudah sangat cukup, suplai air bersih tidak masalah, masalah kesehatan sudah terpenuhi dengan baik karena ada rumah sakit darurat. Kebutuhan yang dibutuhkan saat ini adalah:

1. tikar
2. peralatan tidur
3. selimut
4. handuk
5. pakaian anak
6. peralatan mandi
7. celana dalam

Posko – posko pengungsian di Salaman tersebut telah dikoordinir dengan baik oleh pihak TNI. Penyerahan bantuan dipusatkan di Balai desa Salaman.

BERITA KOMPAS