Jogja Antique

Monday, November 1, 2010

Langit Senja di Mataram

Suasana kota sleman, jogja, bantul diselimuti debu vulkanik hasil erupsi merapi sepanjang hari di minggu ini. Langit pagi dan siang hari bagaikan langit senja di hari normal. Langit senja yang dapat berarti lugas memang keadaan suram, namun dapat juga berarti ada persoalan, ada bencana di kota jogja dan sekitarnya yang pada masa lalu adalah wilayah kerajaan Mataran.

Lapangan SMA 3 Penuh Debu Vulkanik

Judul itu adalah hak milik SH Mintardja yang menuliskan cerita silatnya beberapa tahun silam dengan judul yang sangat indah namun bermakna sangat dalam. Langit senja di mataram kali ini benar-benar realitas yang menjadi berita hangat setiap hari di media cetak maupun elektronik. Mulai dari berita wedhus gembel alias awan panas, lava yang mengancam, debu vulkanik yang hampir tiap hari menyelimuti kota jogja dan sekitarnya sampai berita meninggalnya Mbah Marijan Sang Juru Kunci Merapi.

Langit senja di Mataram adalah personal klasik, yang kejadiannya selalu berulang setiap beberapa tahun. Langit senja itu juga terjadi di tahun 1994, 2006 dan kali ini 2010. Yang hampir tiap beberapa tahun juga menelan korban dan yang setiap  beberapa tahun pula menjadi berita hangat. fenomena alam yang unik dan menarik di Merapi akan kita bahas di tulisan selanjutnya.

BERITA KOMPAS