Jogja Antique

Sunday, June 6, 2010

Hari Lingkungan Hidup 5 Juni Berbuat Apa?

Setiap tanggal 5 Juni selalu kita memperingati hari lingkungan hidup. Hari bersejarah yang mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, yang mengingatkan kita agar selalu merawat alam dan yang selalu mengingatkan kita agar selalu mencintai alam dan lingkungan kita.

Hampir setiap peringatan aku membuat komitmen dan melakukan aksi pelestarian lingkungan, mulai dari bersih gunung, bersih pantai, bersih selokan mataram, maupun membuat kursus daur ulang kertas dll. Tentu disesuaikan dengan kepentingan dan kebutuhan untuk pencapaian tujuan tertentu dan dalam rangka mengemban tugas tertentu.

Namun hari lingkungan hidup tahun ini, aku tidak berbuat apa-apa, komitmen juga tidak, apalagi aksi. Sungguh hari yang mengecewakan, karena aku disibukkan dengan hal-hal administratif yang detail dan menguras waktu. Tentu hal ini bukan akhir dari segalanya, aku yakin masih di tahun ini akan membuat aksi sebagai buah pengganti perasaan yang mengganjal.

Semoga segera mendapatkan ide yang brilian agar sebelum puasa ini sudah kelar dan membuat ganjalan di hati ini hilang. Mungkin ada usulan?

BERITA KOMPAS