Jogja Antique

Wednesday, April 28, 2010

Pengenalan Karakter Wayang Untuk Kalangan Pelajar di TBRS Kota Semarang

Dalam rangka hari jadi kota Semarang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang menyelenggarakan Pagelaran Wayang Orang di Taman Budaya Raden Saleh, kamis 29 April 2010 yang di isi oleh Kelompok Waayang Orang Ngesti Pandowo. Acara dibuka oleh Kepada Disbudpar Kota Semarang dan dilanjutkan dengan paparan karakter wayang oleh ki dalang.

Pada tahap awal, para pelajar yang di didominasi siswa tingkat sekolah dasar tidak tertib dengan berjalan ke sana kemari sambil kejar-kejaran dengan sesama teman - temannya. Namun begitu memasuki pagelaran wayang orang, anak-anak sd itu mulai memperhatikan dengan seksama dan tertawa senang. Apalagi para pemain sengaja menampakkan kelucuan-kelucuan untuk menghibur penonton yang memangm masih anak-anak.

Pentas mencapai puncaknya ketika para punakawan memasuki panggung pagelaran, dengan membawakan lagu-lagu jawa seperti cucak rowo, gambang suling, prau layar dan lagu dolanan lainnya, mengajak penonton untuk bernyanyi dan berdendang bersama. Kemudian perwakilan dari anak-anak siswa sd yang hadir dipanggil ke pentas untuk bergabung dengan para punakawan. Masing-masing peserta diberi pertanyaan dan yang bisa menjawab diberi hadiah oleh Bapak Kasturi selaku Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang.

Sampai berita ini diposting, pagearan wayang orang masih berlangsung melanjutkan cerita "BIMO BUNGKUS". Semoga ada manfaatnya dan tetap semangat!

BERITA KOMPAS