Jogja Antique

Monday, November 12, 2007

Kita Masih Harus merawat Bumi

SALAM LESTARI
Buku ini bercerita tentang kisah mencintai lingkungan, karena sesungguhnya banyak cara mencintai lungkungan mesti diwujudkan. Namun hari hingga hari ini kita masih dihadapkan pada panorama tragis indonesia tentang " terkaparnya ekosistem sumber daya alam". Degradasi daya dukung ekosistem Hutan, memburuknya masa depan pertanian dan petani, lemahnya manajemen bencana, atau tak terproyeksinya pengelolaan berbagai bentuk limbah, tak lain merupakan bentuk langsung atau ikutan dari berbagai kebijakan. " Blunder" pemerintah, salah urus struktural dan kultural dalam pengelolaan sumber daya alam, serta ancaman menganga dari kecenderungan sikap apatisme masyarakat.

Kompilasi paparan dalam buku ini bisa dijadikan sebagai awal pembacaan sekaligus stimulasi pemikiran ulang bagi sebuah kebutuhan bertindak : apa yang dapat dilakukan untuk mencintai lingkungan? Bersahabat dengan limbah, memahami siklus bencana alam, ikut memaknai etika lingkungan, atau melibatkan diri dalam nafas pertanian yang paling lekat dengan nafas keseharian?

Kalaupun kemudian 14 gagasan dalam buku ini - yang pernah dan mash berwujud keringat tindakan kerja-- tak dapat menghadirkan titik keinginan bertindak di hati masing-masing, maka jangan lupa giliran untuk menunjukkan potret tentang " bagaimana mencintai lingkungan" ada pada kita. Ya kita penumpang bumi.

Begitulah kira-kira ringkasan dari buku sesuai judul diatas. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua. SALAM LESTARI

BERITA KOMPAS