Jogja Antique

Wednesday, October 21, 2009

Persoalan hidup dan Visi Hidup

Suatu ketika kita merasa banyak masalah, seakan-akan masalah kita menumpuk dan menggunung melebihi masalah orang lain. Suatu ketika kita merasa berbuat ini salah, berbuat itu salah, ingin menang dalam kompetisi tapi terus aja kalah. Kita merasa emosional, makin kuat keinginan untuk mencapai sesuatu justru keberuntungan malah seakan menjauh dari kita.

Ya kadang memang begitu. Lalu apa masalahnya? bagaimana penyelesaiannya? ada jalan untuk perbaiki gak?... tentu saja ada.
1. Bertindaklah tenang, jangan terburu mengambil keputusan.
2. Lakukan introspeksi diri dengan merenung di akhir minggu untuk menetapkan langkah-langkah yang akan di ambil ke depan.
3. Klo sudah menyusun tujuan, visi dan misi hidup, tolong dibuka kembali dan di bandingkan dengan langkah-langkah yang di susun tadi, klo selarasa. Lanjutkan! klo tidak, evaluasi lagi.
4. Klo belum menyusun tujuan, visi dan misi hidup, segeralah membuatnya, bertanyalah kepada orang-orang yang menurutmu punya visi dan misi jelas dalam hidup yang menjadi panutanmu.
5. Lakukan sharing atau berbagi dengan orang yang kamu anggap percaya. Ingat... Sharing bukan curhat. Ada waktunya berbagi dalam arti kamu betul-betul secara terbuka berdiskusi tentang berbagai hal atau masalah. Kebanyakan dari kita sekedar curhat, yaitu menceritakan isi hati pada oran lain dan berharap apa yg kita lakukan diterima dan di anggap benar. Atau mencari pembenaran diri.
6. Mantaplah untuk menjalan hasil perenungan dan sharing yang sudah menjadi keputusanmu. Jangan lupa berdoa, mudah-mudahan jalan yang kita tempuh adalah jalan yang lurus menurut dunia dan akhirat. Amien.

BERITA KOMPAS