Jogja Antique

Saturday, January 10, 2009

Muhadi, Warga Giriwoyo Juara Kontes Pohon Nasional

Sabtu minggu seperti biasa update blog dan cek email serta baca-baca berita sekaligus buat refresing. Gak sengaja menemukan berita menarik tentang tanah kelahiran. Ini beritanya :
Muhadi, 52, warga Platarejo, Giriwoyo, Wonogiri segera bergegas meninggalkan daerah kelahirannya menuju Ibukota Jakarta.

Kepergian Sekretaris Desa (Sekdes) Platarejo itu disambut dengan suka cita oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan dan Pertambangan (LHKP) Wonogiri, Pranoto, didampingi Kasi Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan Dinas LHKP, Yuli Budiyanti.
Muhadi adalah warga Wonogiri yang baru saja dinobatkan sebagai penerima penghargaan pemenang lomba aksi penanaman serentak Indonesia dan kontes pohon tingkat nasional tahun 2008. Wakil dari Kota Gaplek ini berhasil meraih juara di kategori kontes pohon jenis mahoni.
Selasa (25/11) siang itu, jarum jam menunjukkan angka 12.00 WIB. Sebelum berangkat menuju Kantor Departemen Kehutanan di Jakarta, ayah dua putera ini menyempatkan diri berbincang sejenak dengan sejumlah wartawan di Kantor Bapeda . ”Saya menanam mahoni di pekarangan seluas 3,5 hektare. Pohon itu sudah saya tanam sejak tahun 2001 lalu.”
Sebagai pemenang kontes pohon tingkat nasional tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Muhadi. Tak jarang, sejauh ini dirinya selalu dijadikan ”guru” bagi warga lainnya mengenai tata cara dan proses perawatan penanaman pohon mahoni. Muhadi menceritakan ia memiliki tiga motivasi untuk menanam pohon mahoni, yakni menambah pendapatan, melestarikan lingkungan hidup, dan menyelamatkan lahan kritis di Wonogiri.
”Sejak beberapa bulan terakhir saya memang diberikan kesempatan oleh warga saya untuk mempresentasikan tentang tata cara menanam pohon mahoni secara baik dan benar. Saya sangat senang dapat mentransfer ilmu itu kepada masyarakat.”
Dengan kemenangan tersebut diharapkan menjadi penyemangat di masa mendatang untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan.
Plt Kepala Dinas LHKP Wonogiri, Pranoto, berharap prestasi kali ini dapat dipertahankan di masa mendatang. Selain itu, dengan kemenangan tersebut dapat lebih mendorong partisipasi masyarakat dalam rangka pelestarian lingkungan. - Oleh : Ponco Suseno
sumber : situs giriwoyo

BERITA KOMPAS