Jogja Antique

Saturday, January 10, 2009

Belajar dari Teknik Pit Stop Balapan Formula 1

Pertama kali masuk kerja tentu kita tidak ingin terlambat sehingga mending datang lebih pagi daripada telat. Setidaknya sampai mendapatkan kepercayaan bahwa kita bukan orang yang pemalas. Begitu juga denganku yang harus menempuh perjalanan sekitar 90 km atau 1,5 jam perjalanan bila normal.

Untuk memperkirakan berapa lama kita sampai tujuan, tentu bukan hal mudah dengan jarak tempuh yang hampir 100 km. Apalagi jalannya berbelok-belok dan naik turun sehingga bila kendaraan padat tentu akan memerlukan waktu yang lebih lama. Pernah suatu saat jalanan sepi karena berangkat pagi-pagi, lama perjalanan cuma 1 jam 15 menit, namun suatu ketika aku kesiangan, jalan sudah terlanjur rame, ngadat menjadi 2 jam.

Oleh karena itu kita harus pintar-pintar menjadwal keberangkatan, memainkan spidometer maupun manajemen perjalanan yang lain termasuk pengisian bahan bakar. Khusus untuk bahan bakar, kita bisa belajar daru michael schumacher dalam menjalankan strategi pit stop. Ketika dia berhasil menempati pool position, tak jarang melakukan 3 kali pengisian bahan bakar, dengan harapan mobil lebih ringan dan bisa jauh meninggalkan lawan-lawannya, namun ketika di star dari posisi belakang, dipastikan akan melakukan pit stop maksimal 2 kali, dengan harapan ketika mobil lain pit stop, schumacer akan terus melaju kencang untuk merangsek ke depan.

Yang paling seru ketika Schumacer berada di belakang lawan yang tangguh, yang sulit untuk dilewati, disinilah strategi pit stop sering dia lakukan untuk menduhului lawannya. Artinya daripada mobilnya melambat karena tidak bisa melewati mobil di depannya, maka dia pit stop, nanti ketika mobil depannya mengisi bahan bakar diharapkan dia bisa mendahului.

Demikian juga bisa kita terapkan di jalur yang rame, berbelok belok dan naik turun. Kita bisa mencermati Tempat-tempat pengisian bahan bakar, sehingga ketika kita terjebak macet tidak bisa melewati kendaraan di depan, kita bisa masuk pit stop dulu, ke pompa bensin mengisi bahan bakar. Sehingga kita tidak banyak kehilangan waktu di jalan, nanti masih mengisi bahan bakar perlu waktu lagi......

Semoga ada manfaatnya..

BERITA KOMPAS