Jogja Antique

Wednesday, January 11, 2012

Pantai Kwaru Di Siang Hari

 Pantai Kwaru adalah salah satu obyek wisata pantai yang menjadi andalan Kabupaten Bantul. Setiap akhir pekan rame dikunjungi wisatawan lokal baik dari bantul, gunungkidul, sleman, kota yogya, kulonprogo dan juga magelang. Untuk yang lebih jauh dari itu pasti ada namun menurut pengamatan penulis tidak begitu banyak.
 Yang masih harus ditingkatkan adalah persoalan sampah, dengan tingkat pengunjung yang terus menanjak per bulannya maka secara otomatis akan menghasilkan sampah yang makin besar pula. Perlu disediakan tempat - tempat sampah umum yang lebih banyak agar sampah tidak mengotori Pantai yang indah ini.
 Pohon bakau yang ditanam untuk mencegah abrasi air laut sudah mulai bertumbangan. Fenomena cuaca ekstrem akhir - akhir ini turut mempengaruhi juga kondisi alam di Pantai Kwaru Bantul. Garis pantai terus bergeser ke darat dan para pemilik warung di sekitar garis pantai mulai bersiap untuk menggeser pula lapaknya agar tidak tergerus gelompang laut selatan.
 Apapun kondisinya, Pantai Kwaru telah menjadi destinasi yang layak diperhitungkan dan memberi nilai tambah bagi masyarakat lokal. Semoga pengelolaannya dikemudian hari makin baik dan tetap berpihak pada masyarakat dan kearifan lokal.


BERITA KOMPAS