Jogja Antique

Wednesday, December 5, 2007

Pengumuman Penerimaan CPNS Departemen

Ada sesuatu yang menggelitikku ketika akhir-akhir ini, tepatnya sekitar bulan september sampai dengan desember 2007. Hampir semua departemen mengadakan rekruitment cpns terbuka yang di umumkan lewat media internet ( mungkin juga ada versi cetaknya melalui departemen masing-masing). Uniknya rentang waktu pendaftaran begitu singkat dan mepet dari pengumuman yang dikeluarkan. Kita semua mungkin bisa maklum bahwa hal ini semata-mata agar pendaftar tidak terlalu banyak dan sudah terseleksi sejak awal.

Namun yang aneh bagiku adalah pada saat pengumuman. Kebetulan aku mengikuti pengumuman untuk departement kesehatan dan badan pertanahan nasional. Untuk depkes schedule tertulis pengumuman hasil seleksi adminitrasi tertanggal T. Namun ketika hari T pagi hari telah tiba, tidak ada pengumuman di website depkes, baru jam 15 sore harinya ada pengumuman bahwa hasil seleksi akan diumumkan ke esokan harinya pukul 08.00 artinya mundur satu hari yaitu tanggal T plus 1. Jam 08.00 pagi warnet-warnet disekitarku penuh pada mengakses pengumuman, namun situs resmi depkes belum ada pengumuman yang di tunggu-tunggu, yang ada hanya link lokasi ujian namun tidak bisa dibuka link tersebut. baru sekitar pukul 12.30an siangnya akhirnya pengumuman benar-benar sudah ada dan siap dibaca oleh para pelamar yang telah menunggu sejak hari kemaren.

Unik lagi di BPN, sampai dengan hari H jadwal pengumuman harus diumumkan, situs tidak bisa dibuka ( ini di warnet disekitar tempat tinggalku, entah klo di sekitar BPN sana bisa dibuka). Aku sendiri mencoba mengakses sampai ke esokan harinta hari H plus 1 masih belum bisa dibuka. Entah kapan situs tersebut bisa dibuka yang jelas 3 hari kemudian aku baru bisa membuka situs tersebut ( entah karena warnetnya yang lelet koneksinya atau mungkin memang situs belum siap diakses). Dan sekali lagi mohon maaf klo pengumuman di undur sekitar 1 minggu lagi. Dan sampai tulisan ini posting, para pelamar BPN masih menunggu pengumuman yaitu tanggal 8 desember 2007. Semoga tepat waktu dan tidak telat, andaikanpun mundur lagi, sebaiknya secepatnya pengumuman pengunduran, jangan pada hari H ang notabene pelamar sudah mengakses, menjadikan sulit dibuka situsnya dan hanya mendapatkan informasi mundur lagi mundur lagi.

Dari tulisan ini saya hanya ingin mengatakan :
1. Klo memang mau memanfaatkan teknologi infomasi untuk penerimaan cpns, seyogyanya benar-benar telah siap, sehingga hari H saat pengumuman situs bisa diakses. Klopun untuk menghindari traffic data yang terlalu tinggi, bisa mencontoh sistem UMPTN yang hanya cukup memasukkan nomor peserta, kita sudah bisa melihat hasilnya diterima atau tidak.
2. Klo memang harus mundur, kita semua mungkin bisa menerima, asalkan tidak bertepatan dengan hari H, dimana traffic sudah very crowded yang hasilnya hampa, sangat mengecewakan bagi pelamar.
Demikian saran dan sumbangsih saya untuk departemen-departemen, semoga ada manfaatnya. Boleh setuju boleh tidak, boleh dibaca boleh tidak, boleh berbeda pendapat dipersilahkan menanggapi bagi yang pengen....

BERITA KOMPAS