Jogja Antique

Thursday, September 19, 2013

Pelatihan Statistik Pariwisata

Kamis 19 September 2013 mendapatkan amanah memberi materi pelatihan statistik pariwisata (Hotel dan Obyek Wisata) Se Kota Semarang di Hotel Quest. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dihadiri kurang lebih 90 Peserta Pelatihan dan 10 Tamu undangan. 
Pelatihan ini bertujuan untuk lebih menjamin ketersediaan dan meningkatkan keakuratan data pariwisata khususnya hotel dan obyek wisata.



Pelatihan sesi pertama oleh Eko Suseno Matruty dari Konsultan Counterpart Statistik Propinsi Jawa Tengah yang memberikan materi " Pengantar Statistik Pariwisata". Sesi ini membahas pentingnya statistik pariwisata untuk pemasaran hotel, pemasaran kota maupun pengambilan kebijakan pemerintah kota.
Pelatihan sesi kedua oleh BPS Propinsi Jawa Tengah. Sesi ini diberikan materi cara pengisian formulir statistik hotel (VHTS) sesuai kaidah yang benar.
Pelatihan sesi ketiga oleh Counterpart Statistik Pariwisata Jawa Tengah untuk Kota Semarang yaitu saya sendiri. Pembahasan berkisar 1. Penyamaan persepsi menganai statistik pariwisata. 2. Komitmen untuk tanggal pengiriman data responden, data sudah terkoreksi dan cara pengiriman masing - masing hotel/obyek. 3. Studi kasus pengisian vhts yang salah dan solusinya

BERITA KOMPAS