Jogja Antique

Friday, May 20, 2011

Efektif, Promosi Wisata dengan Undang Agen Perjalanan


Solo, CyberNews. Upaya mempromosikan potensi pariwisata dengan cara mendatangkan travel agent dan awak media dari lain daerah atau lain negara, dinilai efektif untuk mendatangkan wisatawan. Sebab promosi yang dilakukan bisa tepat sasaran.
General Manager Garuda Indonesia Branch Office Surakarta Sjamsuddin mengungkapkan, dengan mengundang travel agent dan awak media, promosi wisata yang dilakukan bisa maksimal.
"Agen perjalanan dan awak media bisa melihat langsung, potensi apa yang dimiliki suatu daerah. Mereka bisa merasakan langsung," kata Sjamsuddin, mengomentari tentang kedatangan sejumlah agen perjalanan dan awak media dari Beijing, China beberapa waktu lalu.
Artinya, mereka bisa menceritakan lebih riil tentang daerah yang mereka kunjungi, kepada calon wisatawan yang berminat untuk berkunjung ke daerah tersebut. "Selain itu, dari segi biaya juga efektif. Coba kalau kita yang promosi ke luar negeri. Selain ongkosnya besar, juga belum tentu tepat sasaran," katanya.
Sjamsuddin mengatakan, saat mengundang agen perjalanan dan awak media ke Solo, pihaknya dibantu KBRI di China dan perwakilan Garuda Indonesia yang ada di Beijing.
Dari mereka, diketahui agen perjalanan mana yang sering melayani wisatawan dari negeri tirai bambu itu ke negara-negara Asia. "Sehingga yang kami undang betul-betul sudah terseleksi. Mereka agen perjalanan yang pangsa pasarnya sudah jelas," tandasnya.
Menurutnya, pihaknya tidak akan bosan untuk "menjual" potensi wisata yang ada di Solo, sebagai salah satu upaya membantu pemerintah meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan.
Rencananya pada bulan Mei ini atau Juni mendatang, Garuda akan mengundang kembali tamu dari Osaka, Jepang untuk berkunjung ke Solo dalam rangka mempromosikan potensi wisata di kota bengawan. "Ke depan, rencananya juga ada tamu dari Australia. Tapi waktunya belum tahu. Yang jelas, kami bersinergi dengan program Pemkot Surakarta dalam menjual potensi Solo," imbuhnya.
( Irfan Salafudin / CN33 / JBSM ) SUARA MERDEKA

BERITA KOMPAS