Jogja Antique

Saturday, December 12, 2009

Tips & Trik Membeli Beras

Berikut ini ada beberapa Tips buat Anda sebelum membeli beras yang sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

1. Jika anda suka makan makanan yang berkuah, maka jenis beras yang harus anda beli adalah beras bengawan.
2. Jika anda suka makan makanan yang tidak berkuah, maka jenis beras yang seharusnya anda beli adalah beras mentik atau membramo yang nasinya lebih pulen jika dibanding dengan jenis beras bengawan.
3. Namun bukan berarti anda harus membeli semua jenis beras tersebut untuk disesuaikan dengan masakan apa yang sedang anda masak. Masalah diatas bisa kita akali dengan menanak beras bengawan dengan lebih banyak air jika kita akan makan makanan kering (tidak berkuah). Demikian sebaliknya saat kita akan makan makanan berkuah maka kita dapat menanak beras mentik / membramo dengan takaran air yang lebih sedikit.
4. Ada beberapa orang yang mungkin belum mengetahui tentang jenis beras dan ciri-ciri fisiknya. Semoga informasi berikut ini dapat berguna bagi anda untuk mengenali jenis beras yang akan anda beli.

* Beras Bengawan / IR 64

Ciri-ciri fisiknya panjang dan kurus. warna putih susu.

beras bengawan (IR 64)

* Beras Membramo

Sebenarnya ciri-ciri fisiknya hampir sama dengan beras jenis bengawan, namun agak lebih pendek dan lebih gemuk jika dibandingkan dengan jenis beras bengawan. Untuk warna beras membramo umumnya lebih bening.


* Beras Mentik Wangi

Ciri-ciri fisiknya berbentuk bulat dan gemuk. Memiliki aroma wangi seperti aroma daun pandan.

sumber : Gerakan Cinta PADI dan BERAS Indonesia (GCPBI)

BERITA KOMPAS