Jogja Antique

Friday, June 20, 2008

Letters to EURO 2008


Ada beberapa kesan tentang Turki dalam EURO 2008 kali ini. Setelah menundukkan Republik Cezh dengan 3-2 setelah sampai dengan menit 77 masih tertinggal 2-0, semalam Turki mengulang sukses dengan menundukkan Croatia dengan adu pinalti setelah tertinggal 1-0 hanya 2 menit menjelang bubar, dengan penuh semangat terus mencoba, mencoba dan mencoba untuk menyamakan kedudukan dan berhasil pada masa injury time. Istimewa, Luar biasa dan entah kata apa yang tepat untuk perjuangan TURKI.
Terlepas dari itu, ada satu figur yang terus kuamati dalam pertandingan, yaitu pelatih Timnas Turki yang bernama Fatih Terim. Tidak pernah menyalahkan pemain, tidak pernah menampakkan kekecewaan bila pemain membuat kesalahan, justru sebaliknya terus memompa semangat pemain sampai tetes keringat terkhir, sampai detik terakhir, sampai pertandingan selesai. Kharismatik, penuh motivasi dan sangat berkarakter, itu 3 kata yang pengen kusematkan untuk beliau Fatih terim.
Kebetulan barusan nonton Fokus EURO 2008 yang bertema letters to euro 2008, disitu dibahas mengenai corat-coret surat yang dibuat pemain dan pelatih Turki yang dipublikasikan untuk publik, ternyata isinya bukan sekedar untuk popularitas, namun betul-betul dilakukan diatas lapangan hijau.... Bangga sebagai Bangsa Turki dan terus berjuang untuk Kebanggaannya itu. Selamat Turki dan selamat Fatih Terim...semoga ada manfaatnya!

BERITA KOMPAS