Jogja Antique

Thursday, March 1, 2012

SIRKUIT PANJAT TEBING I ; Diikuti Peraih Emas SEA Games

SLEMAN (KR) - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sleman, tahun ini kembali menggelar kompetisi panjat tebing se-Kabupaten Sleman yang dikemas dalam 4 Seri. Yaitu, Sirkuit Panjat Tebing (SPT) Sleman I Seri Piala KONI, SPT Sleman II Seri Piala Bupati, SPT III Seri Piala FPTI dan SPT Sleman IV Seri Perang Bintang. Untuk Seri Piala KONI akan berlangsung Sabtu-Minggu (3-4/3) besok di Gapadri Mapala STTNas Sleman. Mempertandingkan kelas lead umum putra/putri, lead junior putra/putri dan Lead spider Kid putra/putri.
Ketua Harian FPTI Sleman, Karis, di Sekretariat Kampus STP AMPTA, Depok, Sleman, Kamis (1/3) mengatakan, event ini bertujuan menyusun peringkat atlet panjat tebing se-Kabupaten Sleman, sekaligus untuk dikirim ke lomba yang lebih tinggi, di antaranya SPT Yogyakarta, Kejurda DIY dan lomba-lomba lainnya.
Selain itu, pada akhir tahun akan ditetapkan peringkat atlet panjat tebing Sleman 2012 sebagai dasar penentuan atlet yang akan masuk pemusatan latihan  menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) DIY 2013 di Gunungkidul (GK).
Sebagai hiburan akan dipertandingkan kelas profesional. Kategori ini melibatkan atlet peringkat terbaik putra dan putri 2011 yang akan dipasangkan secara terbalik. Peringkat satu putra adalah Bayu ‘Sang Master Boulder’ peraih medali emas Kejurnas 2010 akan dipasangkan dengan peringkat tiga putri Tri ‘Mami’ Hastuti. Kemudian Peringkat dua putra Wahyu ‘Turun Gunung’ Purnomo dipasangkan dengan peringkat dua putri Vita ‘EO’ Ery dan pasangan terakhir peringkat satu putri, Fitriyani ‘Si Manusia Cicak’ peraih medali emas SEA Games 2011 dengan Miki ‘Bego’ Sinarta.
Kelas ini hanya menampilkan satu babak menggunakan jalur final kelas lead umum putra, sehingga antara pemanjat putra dan putri tidak dibedakan. Juara akan ditentukan berdasarkan akumulasi nilai dari pemanjat putra dan putri pasangannya. Peringkat 3 putra dan peringkat 3 putri hasil pertandingan ini akan turun ke kelas umum, sehingga pada SPT Sleman II Seri Piala Bupati tempatnya akan digantikan peringkat 1 putra dan putri pada kategori kelas umum dalam event ini.       (Rar)-o

BERITA KOMPAS