Jogja Antique

Wednesday, March 7, 2012

Foto Narsis Meriahkan Festival Dolanan Penekan 2012



Dalam rangka melanjutkan program sosialisasi olahraga panjat tebing dari kampus ke kampung, Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Sleman akan menyelenggarakan “Festival Dolanan Penekan” se Kabupaten Sleman pada tanggal 10 dan 11 Maret 2012 di Bayu Climbing Center yang terletak di Jalan Bali No 31 Ngropoh, Widoro Baru, Depok Sleman. Hari Sabtu tanggal 10 akan di ikuti oleh peserta senior pemanjat kabupaten sleman sedangkan pada tanggal 11 maret khusus untuk anak-anak usia 7 s.d 14 tahun.

Penamaan 4 Jalur
Di Hari pertama pelaksanaan dolanan penekan, peserta akan mencoba jalur pemanjatan boulder yang dibuat oleh 4 atlet panjat kenamaan Kabupaten Sleman. Masing – masing akan diberi nama Jalur Bayu “Sang Master Boulder”, Jalur Wahyu Purnomo, Jalur Fitriyani dan Jalur Vita Ery O. Ke empat atlet untuk membuat jalur didampingi route setter bersertifikasi dari FPTI Sleman yaitu Sangaji Abi Darma dan Miki Bego Sinarta.
Masing – masing jalur akan berkarakteristik  khas sesuai karakter pembuatnya yaitu :
A.    Jalur Bayu
Membutuhkan gerakan – gerakan ekplosif dengan teknik melompat ke atas dan ke samping untuk mencapai top. Teknik pull dan push lebih di tonjolkan sehingga perlu kekuatan otot tangan dan kaki agar mampu memperagakan teknik ini.
B.     Jalur Wahyu
Membutuhkan gerakan yang lembut diikuti keseimbangan yang prima agar peserta tidak jatuh sebelum mencapai puncak boulder. Teknik Hodging yaitu menyantolkan tumit kaki ke poin atas sementara posisi badan masih dibawah akan menjadi tontonan yang enak untuk dilihat.
C.    Jalur Fitriyani
Jangkauan tangan Fitriyani yang panjang akan menciptakan jalur dengan jarak poin yang panjang pula. Jalur block akan mendominasi yaitu setelah poin dipegang dengan tangan, atlet harus menginjaknya dengan kaki, begitu seterusnya sehingga diperlukan tenaga yang kuat untuk mengatasi jalur ini.
D.    Jalur Vita Ery
Membutuhkan kelincahan tangan dan kaki untuk menyelesaikan jalur yang dibuat atlet ini. Teknik pergantian tangan dan kaki dipastikan sangat menyulitkan bagi atlet pemula. Satu poin dipegang tangan kiri lalu secara lembut dan pelan harus diganti dipegang dengan tangan kanan agar dapat menjangkau poin yang diatasnya. Begitu juga dengan pergantian kaki dengan satu poin yang sama.

Panitia menyediakan 24 hadiah doorprize bagi 24 pemanjat yang dapat memecahkan salah satu dari 4 jalur dan yang beruntung. Selanjutnya 4 Jalur ini akan didokumentasikan dalam bentuk gambar jalur sehingga akan menjadi semacam hak paten bahwa jalur itu hak cipta ke empat atlet tersebut. Ke depan setelah masyarakat mulai peduli dengan olahraga panjat tebing, Bayu Climbing Center tiap bulan akan diadakan semacam gathering dengan jalur pemanjatan dan doorprize di siapkan oleh FPTI Sleman.



Foto Menek Narsis
Menek dalam bahasa jawa artinya manjat, dolanan artinya bermain, sehingga dolanan penekan artinya bermain panjat. Begitulah kira-kira even yang diciptakan oleh temen-temen pengurus panjat tebing sleman untuk mencoba lebih intensif mengenalkan dunia panjat tebing ke masyarakat dengan bahasa yang sederhana dan tidak terkesan menakutkan.

Sesungguhnya dolanan penekan artinya hampir setara dengan fun climbing yang biasa diadakan oleh mapala atau fpti lain, namun fpti sleman merasa istilah itu kurang familiar di mata masyarakat awam yang merupakan sasaran sosialisasi kita di tahun 2012. Sehingga panjat tebing tidak hanya menjadi konsumsi mapala dan sispala serta pramuka saja, namun ada perubahan yang signifikan yaitu transformasi olahraga panjat tebing dari kampus ke kampung.

Hari minggu 11 Maret khusus untuk anak-anak usia 7 s.d 14 tahun. Peserta dipandu oleh tim teknis dari fpti untuk memanjat secara bebas di BCC kemudian dilakukan pengambilan foto menek narsis oleh panitia. Foto akan dicetak langsung di tempat acara dan dibawa pulang oleh masing –masing peserta beserta doorprize untuk 100 anak yang mengikuti festival dolanan penekan ini.

Efek Wom (Word Of Mouth) diharapkan terjadi yaitu anak-anak peserta festival dolanan penekan membawa foto narsisnya ke sekolah dan menceritakan pengalamannya kepada teman – temannya. Dengan demikian target sosialisasi olahraga panjat tebing kepada kalangan masyarakat di kabupaten Sleman dapat tercapai.

Demikian informasi terkini dari panjat tebing sleman, semangat pagi dan sukses selalu

Salam Olahraga

BERITA KOMPAS