Jogja Antique

Thursday, March 1, 2012

FPTI Sleman Gelar Kompetisi Tingkat Kabupaten

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sleman akan menggelar kompetisi panjat tebing se-Kabupaten Sleman yang dikemas dalam empat seri lomba. Di antaranya adalah sirkuit panjat tebing Sleman I seri Piala Koni, SPT Sleman II Seri Piala Bupati, SPT III Seri Piala FPTI dan SPT Sleman IV Seri Perang Bintang.

Seri Piala Koni akan berlangsung pada tanggal 3 dan 4 maret 2012 di Gapadri Mapala STTnas Sleman Yogyakarta mempertandingkan kelas lead umum putra dan putri, lead junior putra dan putri dan Lead spider Kid Putra dan Putri.

Ketua harian FPTI Sleman, Karis berujar, tujuan diselenggarakan Sirkuit Panjat Tebing ini untuk menyusun peringkat atlet panjat tebing se-kabupaten Sleman. Hal itu untuk pengiriman atlet ke jenjang perlombaan yang lebih tinggi, diantaranya Sirkuit Panjat Tebing Yogyakarta, Kejurda Panjat Tebing DIY, maupun even panjat tebing terbuka lain.

"Selain itu di akhir tahun akan ditetapkan peringkat atlet panjat tebing sleman tahun 2012, sebagai dasar penentuan atlet yang akan masuk dalam pemusatan latihan cabang menghadapi Pekan Olahraga Propinsi 2013 di Gunungkidul," katanya, Kamis (1/3).

Untuk menghibur penonton yang hadir, akan dipertandingkan kelas khusus yang diberi label kelas profesional. Kategori ini di ikuti atlet peringkat terbaik putra dan putri tahun 2011 yang akan dipasangkan secara terbalik.

Peringkat satu Putra adalah Bayu "Sang Master Boulder" peraih medali emas kejurnas tahun 2010 akan dipasangkan dengan peringkat tiga putri Tri "Mami" Hastuti, kemudian Peringkat dua putra Wahyu "Turun Gunung" Purnomo dipasangkan dengan Peringkat dua Putri Vita "EO" Ery. Dan pasangan terakhir adalah Peringkat satu Putri, Fitriyani "Si Manusia Cicak" peraih medali emas Sea Games 2011 dengan Miki "Bego" Sinarta.

Kelas ini hanya akan menjalani pertandingan satu babak menggunakan jalur final kelas lead umum putra, sehingga antara pemanjat putra dan putri tidak dibedakan.

Juara akan ditentukan berdasarkan akumulasi nilai dari pemanjat putra dan putri pasangannya. Peringkat ketiga putra dan peringkat ketiga putri hasil pertandingan ini akan turun ke kelas umum, sehingga pada Sirkuit Panjat Tebing Sleman II Seri Piala Bupati tempatnya akan digantikan peringkat pertama putra dan putri pada kategori kelas umum dalam kegiatan ini.

Selain menjadi ajang aktualisasi atlet yang ada di kabupaten sleman, kegiatan ini juga akan menjadi ajang magang bagi peserta kursus juri dan pembuat jalur panjat tebing yang telah menyelesaikan teori dan studi kasus pada minggu lalu. Dengan begitu, berhasil atau tidaknya peserta mendapatkan sertifikat pengadil pertandingan akan ditentukan salah satunya dalam ajang magang ini.(*)

Penulis : Joko Widiyarso     ||     Editor : Joko Widiyarso

BERITA KOMPAS