Jogja Antique

Monday, October 17, 2011

Persiapan Porprov DIY 2011 Cukup Menguras Pikiran

Mengendalikan organisasi dari jarak jauh sungguh perlu konsentrasi dan perlakuan khusus. Beberapa hal yang sejauh ini menjadi kata kunci adalah :


1. Komunikasi. Media komunikasi harus dipilih yang paling efektif. Cara penyampaian pesan juga sungguh memerlukan cara khusus. Telpon dan sms dengan gaya bahasa yang maksudnya kita baik, bisa menjadi bumerang bagi orang atau teman organisasi karena tersinggung atau salah memaknai. Dan komunikasi ini sangat mutlak dilakukan secara kontinue, dua arah dan masif. Kehilangan informasi 1 detik saja dari organisasi yang kita kendalikan bisa fatal.
2.Ekskutor. Komunikasi yang baik dengan teman-teman kerja yang mengerti keadaan kita yang jauh belum cukup. Diperlukan ekskutor yang menjalankan keputusan-keputusan yang kita ambil. Inilah kata kunci berikutnya yang harus dipenuhi. Tidak mungkin hanya mengandalkan ekskutor dari orang-orang yang mengemban tupoksinya, terlalu lambat dan kurang lincah.
3. Perlu perencanaan yang lebih lama dan ada jarak waktu yang cukup antara perencanaan dan ekskusi. Walaupun dalam beberapa hal tertentu organisasi harus tetap bisa lincah dalam merespon permasalahan, namun untuk aksi-aksi besar harus dilakukan perencanaan secara detail, mendalam dan cukup waktu

Porprov DIY 2011 Cabang Panjat Tebing telah kita persiapkan 1 tahun yang lalu, tim panitia detail bahkan 3 bulan yang lalu. Namun hingga 1 minggu menjelang Pelaksanaan PORPROV DIY tahun 2011 tanggal 23 Oktober nanti, masih banyak permasalahan, banyak kepetusan-keputusan yang harus diambil secara cepat dan mendadak. Sungguh kali ini sangat menguras tenaga, pikiran juga anggaran.

Tetap Semangat dan Salam Panjat Tebing!

BERITA KOMPAS