Jogja Antique

Friday, April 10, 2009

Hasil Perhitungan Cepat Pemilu Indonesia 2009




Beberapa jam setelah pencontrengan dilakukan, beberapa stasiun televisi bekerja sama dengan lembaga-lembaga survei independent mempublish hasil perhitungan cepat pemilu indonesia 2009. Berbagai analisis, alasan, prediksi diungkapkan para panelis yang di undang secara khusus untuk membahasa angka angka hasil perhitungan cepat tersebut. Dan kadang kalao dis elingi wawancara dengan tokoh atau ketua umum parpol peserta pemilu.

Dalam wawancara tersebut ada kecenderungan bahwa yang menang atau suaranya naik akan mengatakan bahwa perhitungan cepat itu oke, tidak ada masalah, mirip dengan hasil resmi dll, sedangkan yang merasa kalah akan cenderung mengatakan bahwa perhitungan cepat itu hanya hasil sementara, semua masih menunggu hasil perhitungan resmi KPU.

Sungguh menarik klo kita cermati, karena tokoh parpol yang menberikan komentar tersebut pada peristiwa yang laen, misalnya pemilihan Bupati atau Gubernur bisa berkata lain klo menang di hasil tersebut, sehingga cenderung plin plan. Klo menang ok, klo kalah nanti dulu.

Bagaimanapun perhitungan cepat telah membantu parpol atau pihak pihak yang berkepentingan untuk menyediakan data analisis dan juga prediksi prediksi, sehingga mempermudah kerja ke depan. Apapun alasannya tentu Lembaga survei tidak akan berjudi dengan memihak pihak tertentu untuk menjaga kredibilitas hasil surveynya. Bagaiamana pendapat anda?

Semoga ada manfaatnya.

BERITA KOMPAS