Jogja Antique

Wednesday, January 16, 2013

Peluang Bisnis dan Peluang Kerja 2013

Dari tahun ke tahun angkatan kerja semakin meningkat, kualitas lulusan perguruan tinggi maupun smk juga semakin bagus, sehingga persaingan memperebutkan lowongan kerja yang ada menjadi semakin sengit. Hal ini tentu akan menimbulkan masalah bagi angkatan kerja yang tidak siap berkompetisi yang begitu sengit dan ketat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar peluang untuk bekerja ditempat yang diharapkan bisa terjaga, setidaknya asa itu masih ada.
Beberapa mahasiswa sudah mulai menyadari pentingnya meningkatkan kualitas diri sejak masih kuliah, sehingga mereka aktif di kegiatan mahasiswa maupun lsm bahkan sudah mulai aktif bekerja sambilan. Mulai dari mengajar les privat, menjual pulsa, jaga counter hp, menjadi pemandu karaoke dan bahkan ada yang berwirausaha membuka laundry. Apabila dikaji hal ini sangat menarik dibanding mahasiswa tempo dulu yang cenderung pasif.
Walaupun tujuan kuliah bukan untuk bekerja, namun membiasakan diri bekerja sambilan sejak kuliah setidaknya belajar mengatur dirinya membagi waktu dan mengendalikan diri. Dengan bekerja tentu sangat mengurangi waktu untuk belajar maupun jalan - jalan, dengan bekerja tentu setiap mahasiswa harus membagi waktunya untuk kuliah, untuk kerja, untuk aktifitas ukm, untuk pacaran dst. Hal ini sudah akan menjadi keunggulan tersendiri, karena membagi waktu bukanlah yang mudah bagi yang belum terbiasa.
Lalu apa yang menarik untuk peluang kerja dan peluang bisnis 2013? tentu saja banyak hal. PNS belum jelas apakah masih moratorium atau sudah membuka baru, bumn dan perusahaan elit swasta berjubel pesaing, mencoba perusahaan kelas menengah pun cukup berat, lalu apa? menurutku peluang bisnis dan peluang kerja terbaik 2013 yang bisa dijangkau  setiap orang adalah berwirausaha, berjualan baik barang maupun jasa.
Modalnya piye? Modalnya berani mencoba! beberapa saat lalu saya menjumpai seorang mahasiswa masuk ke sebuah toko outdoor membawa kamera ponsel. Dia minta ijin untuk mengambil foto beberapa barang dagangan yang dipajang di toko itu. Kebetulan pemiliknya baik hati, sehingga dijinkan untuk mengambil gambar. Dari pembicaraan dengan pemilik toko, diketahui bahwa pemuda ini pengen berjualan secara online namun tidak mempunyai barang dagangan yang dijual, sehingga dia mencoba peruntungan dengan menjajakan barang yang ada di toko itu,
Beberapaminggu kemudian  pemilik toko bercerita klo anak muda itu berhasil menjual beberapa barangm setidaknya setiap minggu pasti datang untuk membeli barang ke toko itu dan menjualnya melalui facebook maupun blog.
Sunggu ide kreatif, nyaris tanpa modal, tanpa membayar karyawan, tanpa gudang bahkan tanpa kulakan stok..... berani mencoba memanfaatkan peluang bisnis dan peluang kerja 2013 seperti anak muda ini? Yuk mongggo di coba!~
 

BERITA KOMPAS