Jogja Antique

Friday, August 12, 2011

Berjemur di Panas Matahari itu Vitamin C Bu Guru!

Ini adalah sekelumit cerita dari jagoan kecilku. Mas Kaka yang saat ini berusia 3 tahun dan sudah mulai belajar di Pendidikan Usia Dini di Salah satu yayasan di Kota Semarang. Aku selalu mengikuti perkembangan dari mulai masuk sekolah pertama sampai saat ini baik dari cerita tantenya yang selalu rajin mengantar sekolah setiap hari maupun dari buku penghubung yang ditulis oleh gurunya. Dan sungguh luar biasa, Mas Kaka punya potensi kecerdasan, kepemimpinan dan juga humor yang tinggi.

Hari pertama masuk, seluruh murid dikumpulkan di lapangan, bercampur antara yang masih 3 tahun sd 6 tahun ( PAUD sd TK). Mas Kaka kecil langsung berani bergabung dengan teman-teman barunya, membuat barisan sendiri dan maunya jadi ketua ( yang menyiapkan barisan). Tantenya bercerita klo Mas Kaka tidak bergabung dengan teman sebayanya namun lebih banyak bergaul dengan anak TK yang 2 atau 3 tahun lebih tua. Sesampai di rumah, Mas Kaka kecil ku tanya, kenapa kok temanan sama anak TK bukan sama anak PAUD? Kaka kecil menjawab," temen-temenku klo ngomong gak jelas, aku maunya maen sama temen yang sudah gedhe-gedhe". hahaha terjawab sudah penasaran kami. Ternyata Mas Kaka kecil tidak bisa berkomunikasi dengan teman sebayanya sehingga memilih anak-anak TK sebagai teman kumpulnya.

Hari berikutnya saat di kelas, bu guru menjelaskan tentang warna. Mas Kaka menyimak dengan seksama. Dan giliran murid ditanya satu-satu, mas Kaka bisa menjawab semua warna dengan benar. Kecuali warna biru. Menurut tantenya, warna yang ditanyakan gurunya itu biru muda, mas kaka menyebutnya hijau. Di jelaskan sama gurunya klo itu biru tetap ngotot gak mau, mas kaka tetap bilang warnanya hijau... haha dasar koleris kecil... ngotot dan ngeyel. ***Kupikir pikir anak 3 tahun dah ngeyelan ama gurunya... gimana besarnya nanti?***

Dan ceritaku yang terakhir untuk edisi kali ini adalah tentang vitamin. Bu guru dikelas menjelaskan tentang vitamin C, bahwa buah buahan seperti jeruk itu mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh hingga tubuh akan sehat dan kuat. Mungkin maksud gurunya kan menjelaskan ke anak 3 tahun tidak detail, bahwa secara umum vitamin itu menyehatkan dan menyebabkan tubuh kuat. Namun bagi mas Kaka kecil, penjelasan itu menjadi masalah. Mas kaka tidak setuju pada Gurunya. Mas Kaka membuat pernyataan bahwa yang menyebabkan tubuh kuat itu vitamin D dengan berjemur di terik matahari. Gurunya kaget dan segera menyatakan klo mas Kaka benar.

Namun tidak cukup disitu, entah gimana detail pengeyelannya mas Kaka pada gurunya. Di akhir pernyataan mas Kaka menyimpulkan klo buah jeruk itu membuat tubuh kuat maka buah jeruk itu mengandung vitamin D, oleh karena itu berjemur di matahari menjadi vitamin C... hahaha. ( Gurunya bingung ngejelasin, sampai tertawa sambil geleng-geleng kepala....). Logika tubuh kuat itulah yang menjadi dasar mas kaka untuk ngeyel.

Usut punya usut, pengetahuan darimana kok mas Kaka punya pijakan bahwa berjemur di panas matahari itu membuat tubuh kuat karena mengandung vitamin D adalah kakung dan Om nya. Klo pagi, dulu sebelum sekolah diajak jalan-jalan. Mereka menjelaskan sepintas tentang manfaat jalan pagi sambil kena sinar matahari yang mengandung vitamin D menyebabkan tubuh kuat. Namun kami tidak berpikir bahwa itu akan di ingatnya dan dijadikan pedoman ngeyel melawan gurunya di sekolah PAUD. Kami selalu berpikir Kaka kan baru 3 tahun....***potensi yang luar biasa pikirku dalam hati***

Demikian ceritaku, semoga ada manfaatnya. Bagaimanapun orang tua harus bangga dan mengarahkan anaknya untuk masa depan mereka. Semangat Pagi dan Majulah Anak Indonesia!

BERITA KOMPAS