Semarang Great Sale 2010 bertujuan membangkitkan semua potensi yang ada (di Kota Semarang dan Jawa Tengah) untuk memajukan kepariwisataan, perdagangan, dan laju perekonomian kota dan provinsi ini.
Tahun 2010 ini merupakan momentum yang tepat untuk tujuan tersebut, karena akhir-akhir ini dinamika Kota Semarang mulai menggeliat. Tolok ukurnya antara lain: pertumbuhan pusat-pusat perbelanjaan (antara lain di Jalan Pandanaran), mulai bergairahnya konser-konser musik (dulu Kota Semarang lebih sering dilewati), pusat-pusat kuliner, bertambahnya jumlah hotel-hotel berbintang (dalam waktu dekat akan ada tiga hotel baru), dan meningkatnya frekuensi kapal-kapal pesiar yang singgah di Pelabuhan Tanjung Emas.
Momentum tersebut selayaknya dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah dan semua komponen masyarakat. Oleh sebab itu, langkah yang harus ditempuh adalah meningkatkan sinergi antara pemerintah, pengusaha, asosiasi, dan lembaga-lembaga terkait lainnya.
Dalam konteks pemikiran itulah, maka Kadin Jateng (beserta asosiasi-asosiasi), Harian Suara Merdeka, dan lembaga lain (seperti Indonesia Marketing Association/IMA, Jateng Promo, Semarang Tourism Board, dsb) berencana menggelar Semarang Great Sale 2010. Menurut rencana event ini berlangsung selama satu bulan pada Desember 2010.
Semarang Great Sale 2010 diharapkan melibatkan berbagai sektor industri, antara lain mal dan retail, perhotelan dan rumah makan, kawasan wisata dan hiburan, wisata kuliner, kerajinan, dan lain-lain.